• Home
  • Tips Memproduksi Video

Tips Memproduksi Video

Pembingkaian dan komposisi

Banyak orang mengenal tentang pembagian frame Saudara ke dalam bentuk pertiga vertikal dan horizontal, tetapi pertanyaan utama yang harus ditanyakan pada diri Saudara sendiri adalah: Dimana saya harus memfokuskan perhatian penonton?

Gunakanlah penyangga yang strategis untuk menuntun pandangan penonton: manfaatkanlah bentuk yang natural untuk mengarahkan mata penonton kepada titik pusat shot. Sebagai contoh sungai yang berliku-liku mengalir menuju rumah pahlawan, atau ranting-ranting yang bergantungan secara natural untuk membingkai presenter Saudara. Renungkanlah setiap shot sebagus gambar pada tempatnya.

Tips Pencahayaan

Kamera tidak melihat gradasi cahaya yang tidak terang, seperti kita, sehingga hal itu merupakan hal yang terbaik untuk menghindari kontras yang tinggi/besar. Sebagai contoh, jika pada hari yang cerah dan kita sedang memfilmkan orang lain di bawah tenda rumah, yang tidak disangka adalah akan menjadi sangat gelap atau backgroundnya akan kabur (“terbakar”).

Dengan menggunakan penyangga atau penunjuk visual, pencahayaan dapat digunakan untuk menunjukkan pandangan penonton. Tetapi yang mengasyikkan, pencahayaan dapat juga mengubah mood/perasaan secara drastis untuk setiap shot yang diambil – cahaya matahari yang panas, cahaya tiruan yang dingin – sehingga dapat meningkatkan dan mempercepat cerita Saudara. Cara yang bagus adalah buatlah hal ini menjadi mudah.

Kekuatan suara

Suara yang bagus akan menambah keprofessionalan pada film Saudara – dan tidak perlu yang mahal. Adanya ketersediaan susunan mikrofon eksternal yang memberikan Saudara untuk mengambil bunyi kualitas pro, tanpa kebisingan yang mengganggu terhadap background. Cobalah Audio Technica AT831, yang menghubungkan pada stop-kontak heandphone Saudara. Atau peralatan IRK 90 “microphone bertali”, yang biasanya ideal untuk wawancara.

Perekaman seluruh suara juga dapat menambahkan keprofesionalan lebih lagi – kirimkanlah arsip suara (sound files) kedalam editing software Saudara dan pindahkan semua pada film Saudara berdasarkan keinginan. Soundtrack yang cocok juga dapat membuat perbedaan yang besar, tapi buatlah hal itu menjadi sensitif / mempengaruhi mood.

Shooting dengan editing in mind

Efisiensi dan kesederhanaan adalah kuncinya, bilamana Saudara sedang membuat drama pendek atau video pernikahan. Jadi, ingatlah selalu unsur-unsur penting yang Saudara butuhkan untuk mendapatkan keseluruhan jalan cerita – yaitu awal, pertengahan dan akhir, bahagia atau sebaliknya.

Ketika Saudara menyadari beberapa unsur yang penting, maka akan membantu Saudara untuk mencegah dari hal yang berlebih. Tidak ada yang lebih buruk ketika melebihkan klip yang tidak Saudara perlukan. Tips lainnya, buatlah secara kronologis: shootlah ketika jalan cerita akan muncul – karena akan lebih mudah untuk menyaring panjangnya cerita.

Bergantung pada cut

Editing yang baik dapat membuat perbedaan antara film pendek yang bagus dan home video yang buruk.  Ketika sedang mengedit aplikasi pastinya diberikan beberapa pilihan yang rumit untuk mengalihkan shots – termasuk “penyapuan”, yang memfokuskan pada kemunduran dan pembubaran yang luar biasa – cara menghadapinya dengan membuatnya secara sederhana.

Seringnya pengabaian itu adalah cut yang sederhana, dimana Saudara berpindah dari satu shot ke shot lainnya, tetapi pastikan agar dapat dimengerti. Contoh, jangan memperlihatkan seseorang yang berjalan dari kiri ke kanan, lalu memotongnya saat berjalan dari kanan ke kiri, hal ini diketahui sebagai “penyalah aturan”. Hal ini susah untuk disesuaikan dengan penonton Saudara. Hal ini juga yang sering tidak diperhatikan dalam merubah film dari satu shot ke shot lainnya.

Smartphone Saudara sebagai perlengkapan editing

Sekarang ini perlengkapan editing yang mahal merupakan hal penting yang dipercayai untuk membuat video. Banyak smartphone yang mempunyai software bagus, sehingga mengurangi langkah kreatifitas Saudara. Seperti BlackBerry Z10 dapat memperlengkapi cut, warna dan memperlebar alur cerita, sehingga Saudara dapat mengedit dan memberikan kreasi dengan seketika. Banyaknya aplikasi editing yang tersedia, yang tersusun dengan rumit dari mulai memotong dan meringkas klip dengan sederhana sampai pengaturan warna dan transisi yang bagus.

Penilaian Warna

Kontras dan warna merupakan dua unsur penting lainnya yang menandai film Saudara “terlihat”. Kebanyakan kamera (termasuk yang di smartphone) akan mengambil adegan yang “tepat” dengan wajar. Jadi menambahkan warna selama proses editing adalah kesempatan Saudara untuk memberikan keindahan tambahan pada shot Saudara. Sebagai contohnya, membuat langit menjadi lebih biru atau menambahkan sedikit warna emas untuk membuat cerita nostalgia. Ketika  banyaknya aplikasi editing yang memberikan fungsi untuk mencari warna, maka Saudara dapat lebih kreatif dengan menggunakan software computer yang berdedikasi seperti Magic Blue, yang mengizinkan Saudara untuk membuat kabur bagian pinggir shot diantara kesulitan lainnya.

Peralatan tambahan

Gejala klasik buatan rumah adalah kamera poket. Tidak ada salahnya untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera tangan/poket – untuk dokumenter dapat memberikan ciri khas drama dan kesiapan – tetapi menggunakan tripod dapat membuat shot lebih bagus.

Saudara tidak perlu mempertaruhkan peruntungan Saudara: Manfrotto akan mengembalikannya sekitar £139,  tetapi Saudara dapat menggunakan monopod Camlink seharga £20 dan masih dapat tetap mengambil shot. Masukkanlah pada program smartphone, seperti SlipGrip di Blackberry dan handset lainnya. Untuk shot yang lebih bergaya, cobalah untuk menggunakan lensa makro. Tersedianya beberapa lensa makro yang secara magnetis, dapat dimasukkan pada smartphone Saudara dengan menggunakan perekat lingkaran logam.

Membuat studio berlayar hijau sendiri

Layar hijau memperbolehkan Saudara untuk menampilkan kamera di depan background yang eksotis. Yang Saudara butuhkan adalah dinding halus atau layar belakang yang berwarna hijau, karena warna ini berbeda dari sifat warna manusia. Saudara dapat menggunakan beberapa cat matt, tapi lebih baik  menggunakan kunci kroma yang berguna pembuatannya, yang dapat Saudara pesan secara online. Berilah cahaya layar secara datar (2 cahaya dari bawah, masing-masing sisi) lalu filmkanlah di kamera. Dalam perlengkapan editing, letakkan shot Saudara pada timeline dan tempatkan lokasi layar belakang di atas lapisan bawahnya. Berikutnya, tambahkan lapisan “chroma key” pada shot layar hijau Saudara, lalu gunakan alat untuk menghilangkan unsur hijau dari background. Lokasi shot Saudara akan muncul di belakang Saudara secara tiba-tiba.

Trik lainnya untuk menambahkan nilai produksi

Jarak waktu merupakan hal yang sederhana tetapi bagus nyatanya. Cobalah mengambil gambar awan atau alun-alun kota besar; biarkan kamera memotretnya selama 5 menit dan mempercepat shotnya di bagian editing, sehingga shot tersebut bergerak “dengan cepat”. Shot yang seperti ini merupakan hal yang bagus untuk menyampaikan drama dan irama. Mungkin dengan merubah shot Saudara selalu akan menambahkan “biaya” pada video.

Jadi, jika Saudara membuat film tentang perjalanan mobil, teruslah berkreatifitas: pegang smartphone Saudara ke luar jendela untuk beberapa detik, dan potret rodanya; atau potretlah mata pengemudinya di ujung kaca spion mobil. Begitu banyak cara untuk menyampaikan cerita Saudara. Maka bersenang-senanglah dengan hal ini.

 

Leave a comment